Kamis, 19 Juni 2008

Umur Finansial di Kuadran-1

Bagi manusia, umurnya bisa dibeda-bedakan Ada umur biologis, ada umur kerja, ada umur ekonomis, ada juga umur finansial.

Umur Biologis, umur yang paling kita kenal; umur selama kita hidup dengan fungsi-fungsi biologis kita. Batasnya sampe meninggal dunia; wafat. Mati.

Umur Kerja : umur dimana seseorang masih dapat bekerja dan secara legal diakui. Umur pensiun, begitu kira-kira. Bagi PNS umum, batas umur kerja = 56 tahun. Bagai pejabat struktural eselon-2 dan eselon-1, bisa umur kerjanya sampe 60 tahun. Bagai beberapa jabatan fungsional, Dosen misalnya, umur kerjanya bisa sampe 65 th.

Umur Ekonomis : bagi orang dan peralatan juga berlaku kalee, yaitu umur dimana sesuatu/seseorang masih secara produktif menghasilkan sesuatu output/pendapatan. Ini bisa juga dikaitkan dengan kesehatan seseorang yang juga terkair dengan umur biologis.

Umur Finansial : ini istilah saya sendiri, yaitu batas umur dimana secara finansial seseorang bisa memperoleh finansial dari lembaga keuangan. Mereka yang ada di Q-1, umurnya 56 th. Bank gak mau kasih pinjaman/kredit bagi mereka yang sudah sampe batas umur ini. Susahnya, walaupun bagai eselon-2 atau eselon-1 bahkan bagi pejabat fungsional bank gak peduli. Gak dilihat. Padahal kita-kita lagi dihimbau untuk pensiun sampe umur 65 th. Ya.. kalau kehidupan kerja makin susah, pinjam duit gak bisa, ngapain pensiun sampe bongkok...

Tapi bagi mereka yang ada di Q-3, gak masalah, sepanjang rapor finansialnya ok..

Q-1..Q-1..

Tidak ada komentar: